Tutorial Kloxo: Custom Nameserver dan Menambahkan domain

LIMITED STOCK: Cari VPS powerful untuk web bertrafik tinggi? Order di sini!

S T O P!!! Kloxo memiliki bug/vulnerability berbahaya! Jangan instal Kloxo pada server anda! Gunakan panel Webuzo sebagai gantinya (FREE).

Hello surfer. Berikut akan saya share secara singkat ttg tahap awal menggunakan kloxo panel setelah Anda selesai meng-installnya di VPS. Setelah login melalui http://[ip address atau domain]:7778 langkah pertama yaitu Anda perlu membuat custom nameserver. Custom nameserver memungkinkan Anda memakai DNS yg menggunakan domain anda sendiri, bila di whois hasilnya seperti berikut:


Terlihat bahwa nameserver saya adalah dari domain saya sendiri, hal ini berbeda jika Anda menyewa shared hosting. Mereka akan memberi anda 2 nameserver dari server mereka. Apa bedanya? Tentu menggunakan custom nameserver sendiri akan mencerminkan kesan professional dan lebih keren dan keren bgt tentunya hehehe 😀 OK skrg kita buat custom nameserver pada Kloxo panel:

Klik saja pada icon DNS templates di bawah resources:

bikin nameserver sendiri di kloxo

 

 

 

Selanjutnya klik Add DNS templates:

bikin nameserver sendiri di kloxo2

 

 

 

Lalu muncul form seperti ini:

bikin nameserver sendiri di kloxo3

Pada bagian DNS template name isikan apa saja, sekedar pengingat jadi utk nama bebas tapi sebaiknya nama domain Anda. Kemudian pada primary dan secondary DNS isikan custom nameservernya. Prefix yg lazim yaitu NS1 dan NS2, diikuti dg domain anda, jadi nantinya Anda akan punya dua nameserver yg bisa anda gunakan.

Apabila company VPS yg anda sewa mengalokasikan 2 ip address, maka NS1 dan NS2 bisa menggunakan 2 ip berbeda. Caranya setelah selesai proses diatas. Anda akan masuk lagi ke area DNS templates, lalu edit template yg udah jadi dg mengklik nama DNS yg baru saja anda bikin. Selanjutnya Anda akan mendapati sebuah data nameserver seperti ini:

bikin nameserver sendiri di kloxo4

Klik pada ns2 tsb diatas, selanjutnya Anda dapat mengisikan ip address yg laen pada isian value berikut:

bikin nameserver sendiri di kloxo5

Nah skrg NS1 dan NS2 anda menggunakan 2 ip berbeda. Tapi jika hanya 1 ip yg disediakan oleh pihak jasa VPS maka tentu saja Anda hanya dapat pake 1 ip dan tidak perlu mengedit entry diatas. 1 ip utk dua DNS pun sama sekali tidak masalah. OK custom nameserver Anda sudah [hampir] jadi. Masih ada langkah penting selanjutnya yaitu Anda harus mendaftarkan nameserver tsb ke tempat dimana anda register domain-nya (registrar). Saya beri contoh jika saya register via Namecheap:

Setelah login, klik domain Anda yg berkaitan lalu dibawah Advance options daftarkan ip dari nameserver yg udah Anda buat diatas:

Kemudian daftarkan nameserver Anda dg mengisikan ip pada isian ini:

Isikan ip addressnya sesuai dg nameserver yg udah anda buat pada panel Kloxo tsb diatas. Kalau hanya punya 1 ip ya isikan ip tsb utk dua kolom ip address diatas. Saatnya skrg menggunakan nameserver tsb pada domain Anda, bisa digunakan pada domain yg berkaitan dan bisa jg utk domain2 lain yg Anda miliki:

Klik pada Domain Name Server Setup seperti terlihat pada penampakan diatas. Lalu isikan data DNS yg telah anda buat seperti ini:

Next… balik ke Kloxo lagi dan tambahkan domain tsb ke VPS anda:

Segera saja isikan domain name tadi seperti dibawah ini. Document Root nya kosongin saja (otomatis) dan utk Dns Template nya udah Ada, kalo Anda bikin DNS template lebih dari 1 maka menu dropdown nya akan memberi pilihan2 tsb.

Selesai deh 😀 hhehehe selamat skrg domain Anda udah nyambung ke server VPS anda dan siap Anda jalankan, entah itu anda instal wordpress, joomla atau CMS laen atau cuma web statik dsb dsb. Utk memastikan bahwa proses tsb berujung sukses, restart juga web server anda melalui koneksi SSH ke server:

service httpd restart

Cek apakah domain anda sudah aktif dg membukanya melalui browser. jika Ada sebuah halaman biru dg logo Kloxo dan LXadmin dg sebuah pesan “If you are seeing this page, it means that the Domain has….” maka semua proses sudah Anda lalui dg SUKSES! Kalau ga mendapati halaman tsb diatas pada browser, jgn panik… biasanya waktu propagation nameserver pada registrar Anda bisa memakan waktu 1 hari atau lebih. Tapi kalo Namecheap sih cepet, cuma bbrp menit udah resolved.

NOTE: Apabila anda pake registrar selain namecheap, proses daftarin nameservernya hampir sama koq.. rata2 registrar skrg menyediakan opsi utk daftarin custom nameserver yg Anda buat. Atau kalau anda bingung, kontak supportnya aja utk daftarin ip dari nameserver yg and bikin.

Cheers!!!! 😀

 

Sewa VPS? Pilih RAMNODE saja! Murah, ngebut dan handal. Order di sini!

Latest Comments

  1. Cah Depok March 25, 2013
    • admin March 26, 2013
  2. Cah Depok March 26, 2013
    • admin March 26, 2013
  3. panji June 6, 2013
    • admin June 7, 2013
  4. iman July 1, 2013
    • admin July 2, 2013
  5. huda July 24, 2013
    • admin July 29, 2013
  6. Diky Arga December 4, 2013
    • Diky Arga December 5, 2013
  7. entertainment January 11, 2014
    • admin January 13, 2014
  8. Andra January 24, 2014
    • admin January 24, 2014
      • Andra January 24, 2014
        • admin January 25, 2014
  9. exshal February 21, 2014
  10. Akbar May 15, 2015

Leave a Reply