Shell Script untuk Cek Apakah Server Online atau Down

LIMITED STOCK: Cari VPS powerful untuk web bertrafik tinggi? Order di sini!

Hello folks out there!

Jika anda mengelola beberapa atau banyak server tentu setiap saat anda harus tahu status tiap2 server tsb, apakah semua up ataukah ada yg sedang down/offline. Kalau 1 atau 2 server saja yang anda kelola, maka itu bukan masalah kan? Dari 1 server anda bisa cek server lain dengan command ping, dan jika reply sebagaimana mestinya maka server tsb online dan tidak ada masalah. Bagaimana jika ada banyak server? Hmmm ping satu persatu tampaknya agak boros energi.

OK saya akan share sebuah bash script sederhana untuk melakukan cek terhadap banyak server hanya dengan 1 command saja dan status masing2 server akan terpampang di layar console anda. Script macam ini banyak ditemui kalo anda rajin berteman dengan Google. Nah saya hanya sedikit mengopreknya saja. Script cek server ini sebetulnya hanya mengandalkan command ping untuk mengetahui status server yg akan dicek. Tapi manfaatnya boleh juga kok…


Jika anda tertarik dengan script tsb maka berikut cara instal di VPS anda. (sebenernya saya agak malas nulis tentang cara instal script hehehe karena udah sering saya bahas pada beberapa postingan, pun demikian masih banyak saja yg nanya “gimana cara save-nya?”, “pasang di VPS gimana?”) etc…….. 😀

  1. Login ke VPS anda as root (ini adalah VPS dimana anda akan memantau VPS-VPS yg lain)
  2. Buatlah dahulu daftar atau list server yg ingin dicek tiap saat, bisa berisi IP ataupun domain. vim /home/host.txt
  3. Isikan IP dan domain server anda ke dalam file tsb, 1 host per baris
  4. Pindah ke folder cd /usr/bin
  5. Buat file bernama cekhost atau terserah nama apapun vim cekhost
  6. Copy dan paste script diatas
  7. Save+close
  8. Beri permission executable chmod +x cekhost
  9. Selesai! Anda bisa mengecek status server yg sudah anda simpan di /home/host.txt dengan mangetikkan: cekhost

Contoh hasilnya adalah sebagai berikut: cekhost

 

Jika ada server yang sedang offline maka akan terlihat output berbeda yang akan di-highlight merah dengan kata “DOWN!!”.

Well, it’s pretty much useful, isn’t it? Cantik kan? Lumayan buat pegangan anda yg mengelola banyak server. Tentunya anda bisa memodifikasi script tsb menjadi lebih canggih misal menunjukkan status port tertentu apakah up atau tidak atau menampilkan load dan uptime masing2 server, dst tergantung ide dan kreatifitas anda semua. Hehehe..

Cheers!!!!

Kata kunci pencarian:
  • memasang server status
  • script untuk mengatasi server check pada debian

Sewa VPS? Pilih RAMNODE saja! Murah, ngebut dan handal. Order di sini!

Latest Comments

  1. Bejo November 2, 2016
    • Bejo November 2, 2016

Leave a Reply