Mengatasi Gagal Upload Theme/Plugin WP Karena “upload_max_filesize”

Mungkin anda sekalian pernah menemui kasus ketika anda upload plugin wordpress maupun theme ke dashboard blog wordpress yang terjadi malah error. Setelah browser loading muter2 agak lama eh ternyata file yang anda upload gagal dan muncul pesan semacam:

The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini.

Trouble seperti ini disebabkan oleh konfigurasi PHP yang secara default membatasi ukuran file yang boleh diupload sebesar 2MB saja. Maka yang terjadi ketika anda upload file dengan ukuran lebih dari itu adalah tidak berhasil.

Untuk mengatasinya anda hanya perlu mengedit file php.inidan ini hanya memungkinkan jika anda memakai VPS ataupun dedicated server. Jika anda hanya pake shared hosting maka langkah paling tepat adalah kontak customer support hehehe.

Di manakah letak berkas php.ini yg harus diedit tsb? Nah jawabannya variatif, tergantung dengan setup server yang anda gunakan. Secara default terletak di /etc/php.ini namun bisa berbeda jika anda setup VPS menggunakan panel seperti Webuzo, script installer atau lainnya.

Contoh di sini, saya memakai panel Webuzo. Saya search file mana yang harus saya edit dengan command: grep -r "upload_max_filesize" /usr/

Atau coba gunakan command: php -i |grep php.ini untuk menemukan file php.ini yang digunakan.

php.ini_

Hasilnya banyak banget tetapi dengan sedikit kejelian saya berhasil menangkap satu calon tersangka. Cocok ciri-cirinya dengan error yang dibahas di atas yaitu: ukuran file 2M dan file bernama php.ini.

Gunakan file editor vim untuk mengeditnya: vim /usr/local/webuzo/conf/webuzo/php.ini php.ini-2M

Dan langsung saya ubah upload_max_filesize = 2M menjadi upload_max_filesize = 10M (saya naikkan limitnya jadi 10MB, Anda bisa ubah sesuai kebutuhan). Setelah diubah, save dan close file php.ini tsb selanjutnya restart webserver atau reboot server jika dianggap perlu.

Cobalah meng-upload file theme dan plugin ke wp anda yang tadinya gagal, kali ini akan sukses.

Sekali lagi ingat, letak file php.ini bisa berbeda dengan contoh yg saya gunakan di sini. Anda hanya perlu menemukan file tsb untuk selanjutnya diedit.

Cheers!

Kata kunci pencarian:
  • teradi error saat mengupload template di wordpress
  • cara mengatasi error upload plugin wordpress
  • cara mengatasi instal plugin WordPress directive in php
  • cara mengatasi ketika mengupoad tema tapi muncul ukuran tidak sesuai pada php ini
  • error saat upload plugin di wirdpress

Latest Comments

  1. tono January 2, 2016
    • admin January 2, 2016
      • tono January 3, 2016
        • admin January 3, 2016

Leave a Reply