Membuat Password Acak di Console Linux

LIMITED STOCK: Cari VPS powerful untuk web bertrafik tinggi? Order di sini!

Misal anda adalah admin sebuah server dan salah satu job anda adalah membuat user baru tiap saat, maka tentu anda harus siap mengarang sebuah password untuk di-assign ke username yg baru dibuat. Ya tentu ini hal sederhana, tapi bagaimana jika ada banyak user yang harus dibuat tiap hari? Contohnya jika anda berjualan SSH 😀 …bisa2 keabisan ide mikir password tiap saat apalagi jika akun SSH atau VPN yang dijual laris manis.

Salah satu alternatif cara bisa dengan memakai web yang menyediakan tool generate random password seperti strongpasswordgenerator.com, tinggal klik2 jadi deh passwordnya, secure ga mudah ditebak dan bisa langsung dipakai, cukup copas aja. Tapi itu anda harus membuka sebuah halaman web, masih dirasa kurang praktis? OK, alternatif lain… misalnya gini:

Login ke VPS anda lewat SSH, trus bukalah file .bashrc yang tersimpan di direktori /root …OK something like this,

<strong><span style="color: #339966;">vim ~/.bashrc</span></strong>

Setelah terbuka, edit file tsb dengan menambahkan syair berdarah ini:

genpasswd() {
        local l=$1
        [ “$l” == “” ] && l=20
        tr -dc A-Za-z0-9_ < /dev/urandom | head -c ${l} | xargs
}

Bisa ditambahkan diakhir baris file .bashrc tsb, kalau sudah, tutup kembali dan save. Kemudian bacalah mantra ini:

<span style="color: #339966;"><strong>source ~/.bashrc</strong></span>

Kalau tidak muncul error artinya sukses, sekarang di layar console anda sudah ada tool untuk membuat random password. Cara buat password baru gampang banget tinggal ketik command genpasswd diikuti dengan angka yg merupakan jumlah karakter untuk password yg ingin dibuat.

<strong>genpasswd 17</strong>

Artinya akan membuat sebuah password acak dengan panjang 17 karakter, hasilnya bisa langsung nongol di console dan dicopy-paste setelah anda memnjalankan command useradd dan passwd.

password generatorPernah baca sih kalau cara ini ga secure karena passwordnya bisa dilihat user lain yang sedang login SSH. Nah tapi kalo yang bisa masuk console cuma root doank, apakah itu ahirnya ga jadi masalah? 😀 Masih ada lagi banyak cara untuk membuat random password di dalam console linux kesayangan anda misal OpenSSL, yang perlu anda lakukan adalah gooooogling dan trial and error! 😀

Oh iya… kata “genpasswd” pada source code diatas tentu bisa anda ganti sesuka hati, biar ga mainstream hehehe.. Jadi nanti kalo bikin password ya pake kata pilihan anda tsb.

Cheers!

Kata kunci pencarian:
  • membuat login console

Sewa VPS? Pilih RAMNODE saja! Murah, ngebut dan handal. Order di sini!

Latest Comments

  1. sshlaju April 12, 2014
    • admin April 13, 2014

Leave a Reply