Bagaimana Sih Cara Login root ke VPS? Newbie Must-Read

Okay, tagline dari web saya ini bunyinya: tutorial Linux vps level pemula. Tetapi mungkin ada yg akan protes karena seorang yg benar-benar pemula masih sulit mengikuti tutorial-tutorial yg saya posting di sini. Apa pasal? Langkah paling mendasar yg masih belum banyak diketahui khalayak newbie.. yaitu: caranya login root ke vps atau cari login vps dengan putty.

Sebelum lanjut, bagi yg belum ada VPS dan cari yg murah untuk belajar ngoprek… cek di sini (VPS ram 256 hanya $10 per tahun!).

Baiklah, postingan kali ini saya tidak akan share cara ngoprek vps, melainkan membahas detail cara untuk masuk ke console vps. Setelah anda membeli sebuah vps anda akan mendapatkan beberapa data, tentu saja yg paling penting adalah: ip vps dan password root, seperti saya screenshot dari sebuah email ini:

TIP: Jika provider tempat anda sewa vps tidak menginformasikan mengenai port, maka nanti anda akan login via default port ssh yaitu 22.

Password root bisa anda tentukan saat order namun biasanya provider akan memberikannya ke anda random-generated.

Setelah mendapat detail server tsb, anda dapat segera login root ke vps dengan cara seperti ini:

  1. Pastikan komputer anda konek ke internet
  2. Karena saya anggap kalian semua (dan jg saya) memakai Windows di komputer maka tool yg anda butuhkan adalah Putty, dapat anda download di sini. Unduhlah file putty.exe tsb dan save di tempat yg mudah terjangkau di komputer anda
  3. Software Putty ini kecil dan tidak membutuhkan instalasi, dobel klik segera putty.exe yg telah anda download untuk digunakan login ke vps. Penampilan Putty seperti ini
  4. Lihat kembali detail vps anda. Isikan ip tsb ke dalam “Host Name (or IP address)” dan “Port” isikan 22 jika tidak ada keterangan port yg diberikan oleh penyedia. Sederhana bukan? Connection type sudah terpilih secara default di situ yaitu: SSH
  5. Bernafaslah seperti biasa dan klik tombol Open di bawahnya
  6. Untuk login ke vps kali pertama, Putty akan melempar warning, klik Yes
  7. Segera setelahnya di layar hitam Putty akan muncul isian Login as: yang harus anda isi (ketik) root (semua lowercase/huruf kecil) dan tekan enter
  8. Seketika setelah enter Putty akan memunculkan isian password, kira-kira begini root@77.81.106.110’s password: nah di sinilah total newbie banyak yg bingung bagaimana cara isi password root di Putty, maka saya infokan di awal bahwa password di Putty tidak visible alias tidak muncul atau tidak nampak, okay paham? Sekarang anda boleh mengisi password root dengan cara diketik ataupun copas terserah saja. Kalo anda mendapatkan password root yg berkarakter acak2an repotlah jika diketik maka copas saja, begini: blok teks password > klik kanan copy
  9. Pastikan ter-copy dengan benar tidak ada ekstra white spaces di depan atau belakang password lalu bawa kursor anda ke area manapun di layar Putty. Setelah kursor anda taroh di layar putty lakukan klik kanan satu kali untuk mem-paste password tsb. Perhatikan: klik kanan satu kali dan segera tekan enter. Saat klik kanan pada mouse tidak akan ada menu muncul tetapi password yg dicopy tadi akan ter-paste. Jika anda lebih suka mengetik password maka ketik saja password root tsb dengan benar dan tekan enter. Saya ingatkan sekali lagi di sini apapun yg anda paste atau ketik sebagai password tidak akan terlihat di layar Putty
  10. Setelah menghantam tombol enter, jika password root benar ter-input maka anda akan segera sukses masuk ke vps sebagi root, biasanya ada semacam welcome message atau apalah yg menandakan anda telah berada di dalam server. Asyik! Keren kan? Anda langsung berasa jadi seperti geek atau sysadmin handal atau seorang hacker yg siap beraksi dengan rangkaian command line hehehehe…

TIP: Jangan kelamaan isi password setelah anda mengisi Login as root, karena Putty akan diskonek jika tidak ada input password setelah beberapa menit dan anda harus mengulang login dari step nomor 3.

Yang pake mouse udah usang atau rusak, hati-hati dalam melakukan copas, seringkali klik kanan satu kali (pada mouse yg sudah kurang waras) akan terjadi 2 klik yg mengakibatkan password ter-paste 2 kali pula. Tentu ini akan berakibat anda gagal login.

Login root droplet Digitalocean

Yang menggunakan droplet Digitalocean agak beda prosedurnya karena saat pertama kali login anda akan dipaksa untuk langsung mengubah password root dari password yg sudah generated ke password pilihan anda sendiri. Jadi setelah anda mendaftar akun Digitalocean dan sudah create droplet, detail droplet tsb akan masuk ke email anda misalnya seperti berikut:

Urutan cara login dengan Putty sama saja seperti di atas namun setelah step ke 8, server akan meminta anda langsung mengubah password root seperti ini:

  1. Pasca anda enter step ke 8 akan munculah: Changing password for root.
    (current) UNIX password: isikan password root asli alias password generated bawaan dari Digitalocean, caranya juga sama cukup klik kanan satu kali untuk paste dan lanjut enter (dengan asumsi anda telah copy password root untuk di paste di step 8).
  2. Muncul Enter new UNIX password: isikan password root yg anda kehendaki (boleh ketik atau copas jika anda sudah membuat calon password root yg telah anda ketik di notepad misalnya)
  3. Retype new UNIX password: isikan password root baru yg sudah anda input sebelumnya, setelah enter di sini maka anda akan masuk ke droplet sebagai root dan siap melakukan aktifitas ngoprek/instal dsb.

TIP: password root autogenerated yg lama sudah tidak berlaku lagi dan berikutnya ketika anda login akan menggunakan password root baru yg telah anda tentukan tsb. Sekedar pengingat, gunakan password root baru yg TIDAK simpel, bukan sekedar kata, gunakan huruf besar/kecil, angka dan simbol karakter demi keamanan server anda.

Info berguna bro:

  • Mas, pas saya ketik atau copas command dari suatu tutorial kok munculnya di layar Putty lama ya? Nah ini namanya karena latency bro, koneksi internet anda punya peran besar di sini. Jika internet anda lancar maka latency ke vps akan minimal maka command yg anda ketik pun akan segera muncul di layar untuk segera dieksekusi
  • Internet saya lancar jaya tapi putty kok sering diskonek ya? Biar ga mudah diskonek mungkin ini bisa membantu: pada konfigurasi Putty, ganti keepalives yg isinya nol jadi angka misalnya 10 atau 15
  • Biar ga monoton tampilan layar Putty bisa diutak-atik sesuai keinginan, warna background dan warna font serta jenis font bisa anda ubah sesuai selera dan supaya setingan ini tidak berubah silahkan kembali ke session, klik default settings dan klik save.
  • Jangan lupa pelajarilah basic command line atau perintah-perintah dasar dalam Linux, ini akan sangat bermanfaat bagi anda nantinya.

Wah meski cuma tutorial cara login root pake Putty ternyata saya tulis panjang juga… Sekarang yg masih super pemula sudah paham kan? Tidak perlu lagi binun cari tahu cara isi password root di Putty atau pusing kok vpsnya macet ga mau diketik password atau stres karena Putty hang ga mau diisi password dst.

Bagi anda yg mencari VPS murah untuk belajar dan bahkan cocok untuk juga keperluan productional, silakan beli di sini (Paypal only).

Selamat belajar lebih jauh lagi. Semoga bermanfaat bagi umat.

Cheers!!!!!!!!!

Kata kunci pencarian:
  • cara ambil vps setelah root
  • cara login pertama kali vps
  • cara root vps

Latest Comments

  1. Berita Artis July 31, 2017

Leave a Reply