Cara Membuat SSH Tunneling Account Untuk Di-share (dibagi-bagi) + Cara Pakai Bitvise

Hello para kumpulan makhluk maya khususnya beginner seperti saya :P , saya akan coba sedikit share ttg cara membuat SSH tunneling yg bisa anda bagi2kan ke temen, pacar, sodara dst yg berfungsi penting utk internet anonymity, sembunyiin ip asli, semacam menghindari pembajakan transmisi data ketika anda beraktifitas secara online, dan tentu saja sesuai pengamatan saya akhir2 ini yaitu untuk… internet gratisan alias gretongan atau mem-bypass aturan2 konyol dari operator :D. Kalo ada yg nyasar ke blog ini karena nyari trik internet gratis [--put operator's name here--] atau nyari ssh (biasa disebut “es teh”) maka maap.. mungkin Anda salah alamat hihihi.

Langsung aja, utk membuat account SSH tunnel caranya sangat mudah. Beberapa bahan yg diperlukan yaitu: sebuah server dg sistem operasi Debian 6 32bit minimal instal, sedikit pengetahuan akan linux (wajib hukumnya!), dan tentu saja koneksi internet hehehe. OK next… sewa saja sebuah VPS murah… ga perlu yg high-end. Atau kalo ada VPS gratisan jg sukurlah, cari aja free trial. Dengan modal dibawah $3 per bulan anda sudah bisa menyewa sebuah VPS utk keperluan SSH tunneling. Ingat, VPS ini ntar hanya utk tunneling jadi ga perlu pake yg spek-nya heboh (ram 128 udah bisa karena ga akan instal macam2 nantinya, tapi perhatikan jatah bandwidth terutama jika anda penggila download).

Kalo bingung dimana cari VPS murah yg recommended, coba saja kunjungi situs lowendbox.com yg merupakan sebuah blog terupdate berisi ttg penawaran VPS dg harga super terjangkau lengkap dg review dan komeng dari para pengguna baik positip maupun negatip, silakan pilih saja VPS yg dirasa ok. Kadang kalo ga sdg sold-out ada kok yg harganya misal $1.6 sebulan. Kalo sdg beruntung bahkan ada yg hanya $1 perbulan.. murah kan ga sampe sepuluh rebu.. ya sekali2 modal lah gan.. jgn gretongan mulu.

Atau kalo mau pake server Singapore yg terjangkau ($5/bulan) pilih saja DigitalOcean, baca postingan saya ini. Bisa juga siapa tau anda sedang beruntung maka bisa pake VPS gratis di sini.

Sebenernya saya ingin memanfaatkan VPS yg saya gunakan utk meng-host blog2 saya sebagai SSH tunnel juga, namun ketika mencoba membuat SSH yg bisa konek via port 443 dan 80 (yg pengguna internet gretongan mgkn paham kenapa port ini haha) saya menemui kendala. Port 443 ga mau konek, port 80… tentu ga semudah menambahkan port-nya di konfig ssh karena port 80 jelas udah terpakai oleh web server (Apache) alias semua blog/situs saya bisa mampus atau error. Saya pernah baca ttg cara mengijinkan konek ke SSH via port-nya web server yaitu 80 (dan https yaitu 443) menggunakan corkscrew.. tapi blum berhasil :( ..maka sementara saya skip dulu keinginan tsb sambil cari pencerahan. Dan lbh baek saya sewa server Debian utk keperluan SSH tunnel saja.

Setelah VPS aktif, login sbg root dengan tool Putty (utk yg pake windows) atau langsung pake terminal (bagi para pengguna linux), lalu buka berkas konfig ssh yg berlokasi di /etc/ssh/sshd_config selanjutnya, tambahkan port2 berapa saja yg ingin Anda gunakan utk konek nantinya. Sebenernya port 22 (default) udah bisa utk tunneling tapi mungkin anda pengen menambah/menggantinya menjadi port 80 (lagi2 ini karena alasan.. internet gratis hihihi –tapi ini dulu skrg internet gratisan via tunneling ke port 80 udah ga bisa kan? hehe), dan ingat jangan cuma port 80 saja, sebaiknya port 22 tetep dipakai dan bbrp port lain sebagai cadangan karena nanti kalo cuma 1 port dan ssh udah direstart, anda login ulang namun anda ga bisa konek via port tsb… you’re locked out! Gawat kan.. Hehe :P ..misalnya tambahin port-nya gini nih:

SSH port 80

Trus jangan lupa di-save lalu restart ssh nya dengan perintah: service ssh restart

Nah ada yg bilang.. kok command-nya bukan service sshd restart ? Bukan! Inget kita pake Debian, utk Debian dan turunannya perintahnya bener diatas (ssh saja bukan sshd) tapi kalo Anda pake CentOS atau redhat (betul kan?) maka command-nya service sshd restart.

Perhatikan baik2: Pada dasarnya Anda dg user sbg root udah bisa melakukan tunneling sampe pada tahap ini, tanpa perlu ngoprek bikin2 group sama user baru.. (bagi yg blum tau caranya ntar dibagian bawah ya), namun… bisa jadi jiwa sosial anda mendadak muncul, atau mungkin ide komersial anda… sehingga Anda ingin membagi akses SSH tunnel ke temen2 anda biar dapat cendol misalnya haha, atau pengen jualan SSH tunnel? Boleh2 saja :P …tentu Anda tidak akan memberikan akses root dan password-nya ke org laen (utk keperluan tunneling) karena itu sama saja memberikan kunci brankas Anda kepada seorang (yg mungkin akan jadi) pencuri. Oleh karena itu mari kita bikin akun SSH utk keperluan tunnel yg bisa dibagi2 ke semua org tanpa perlu khawatir ttg keamanan/privacy anda sbg owner dari vps tsb. Langkah pertama, masih sabagai root, buatlah sebuah group dg nama bebas terserah anda misal:

groupadd gretongan

Contoh diatas saya bikin group bernama “gretongan” di sistem VPS saya. Selanjutnya saya akan bikin user yg sifatnya terbatas artinya dia ga akan bisa ngapa2in. Hanya bisa konek SSH utk tunnel saja dan ga bisa login ke VPS via SSH. Kurang lebih mantranya sebagai berikut:

useradd -d /home/kodok -m -g gretongan -s /bin/false kodok

Mantra diatas menyebabkan terciptanya user bernama “kodok” dan dia masuk ke group “gretongan” yg udah dibuat sebelumnya. Si “kodok” ini juga ga mempunyai hak akses ke VPS anda melalui SSH (nanti kalo sudah jadi coba ssh ke server dg user kodok ini, pasti connection closed), intinya kodok cuma bisa menikmati tunneling, bukan yg lain.. ga akan pula bisa tau isi atau konfigurasi vps yg digunakan. Langkah berikutnya, mari berikan password pada user baru tsb:

passwd kodok

Isikan password yg diminta, lalu isikan sekali lagi untuk konfirmasi. OK selesai!! :D sekarang Anda bisa gunakan akun SSH tunnel tsb dan bisa Anda bagi2 ke rekan2 yg anda kehendaki, bisa juga anda jual hehe. Atau sembunyiin pake semacam adfly/adfocus (update: adfocus skrg udah jadi SCAM) trus posting di kaskus hihiiihi.

Kalo mau add/nambah user baru caranya cukup diulang saja perintah2 diatas tentunya “kodok” diganti dg username2 baru. Command useradd juga bisa kita beri parameter agar akun yg dibuat expire pada tanggal tertentu, opsi yg ditambahkan yaitu -e YYYY-MM-DD jadi kalo digabung dg yg udah kita coba diatas menjadi:

useradd -e 2013-12-27 -d /home/kodok -m -g gretongan -s /bin/false kodok

Artinya si kodok ini akan habis masa aktifnya diserver pada tanggal 27 Desember 2013, anda bisa sesuaikan tanggalnya sesuka hati dan perhatikan baik2 format tanggal tsb jangan sampai salah. Kalau command ini terlalu panjang dan agak ribet, silahkan saja cek postingan disini utk cara membuat akun secara semi auto, cukup isikan username dan lama hari aktif (misal 30) dan sistem akan otomatis membuat akun tsb beserta tanggal expirenya, ga perlu lihat kalender.

Apa gerangan yg terjadi jika akun yg bersangkutan sudah lewat masa aktifnya? Akun tersebut akan terkunci dan hasilnya tentu saja tidak bisa lagi login untuk melakukan tunneling. Cara ini efektif pada SSH dg platform OpenSSH seperti yg dibahas pada topik diatas, TETAPI karena banyak juga yg mengganti peran OpenSSH dg Dropbear (CentOS atau Debian) maka ternyata cara ini tidak berjalan! User yg expire masih bisa login ke port Dropbear dan melakukan tunneling sepuas hati.

Banyak seller/admin ssh yg masih memakai model manual yaitu mencatat data pelanggan dg Excel dengan tanggal expirenya, kemudian harus cek tiap hari untuk memastikan jika ada yg expire hari itu dia bisa segera menjalankan command userdel. Cara ini tidak efektif, ingatlah pepatah bahwa sysadmin yg baik adalah sysadmin yg “malas” karena sudah mengoptimlkan server agar bekerja secara auto. Nahh kalo ingin secara ampuh memblokir (lock/delete) user Dropbear yg expired sehingga ga akan bisa login lagi, silahkan baca sesuatu yg saya tawarkan ini. :D

Bagi teman2 semua yg blum paham gimana sih cara pake SSH tunneling, berikut ini cara2nya:

Pertama, Jika Anda menggunakan SSH client paling populer bernama Bitvise, maka caranya cukup mudah. jalankan saja program tsb di komputer anda, lalu isikan dibawah tab “login” host (ip address server) kemudian port isikan port berapa anda ingin konek sesuai dg yg sudah dibuat di konfigurasi server SSH di VPS Anda, dibawah bagian Authentication isikan username dan password-nya.

cara pakai bitvise utk tunnel

Supaya bisa untuk keperluan tunneling maka klik pada tab “Services” lalu jangan lupa centang pada bagian “Enabled” dibawah “SOCKS / HTTP Proxy Forwarding“. Listen interface-nya isikan 127.0.0.1 dan listen port-nya isiin misalnya 1080 atau brp saja terserah atau default dari Bitvise yaitu 9050. Perhatikan baik2 interface 127.0.0.1 dan port-nya di Bitvise inilah yg nantinya akan digunakan sebagai socks pada pengaturan aplikasi (misalnya browser) nantinya.

SOCKS HTTP Proxy Forwarding

Kemudian segera saja klik login pada tombol yg berada dibawah, dan tunggu sampe koneksi tersambung dg sukses yg artinya anda bisa segera menggunakan SSH tunnel ketika online. Kalau ga ada error atau kesalahan maka pada bagian log akan nongol mantra2 jahat seperti dibawah ini:

SSH tunnel sukses gan

Maka dari itu… SSH tunnel sudah siap digunakan apakah itu utk menyembunyikan ip asli kita atau sekedar melakukan test internet gratisan hahahaha :P

Kalo koneknya sukses di bitvise ada lognya gini:

Bitvise udah konek utk SSH tunnel hehehehehe

Log diatas baru nongol kalo Anda mulai browsing dst.. kok Closing closing apakah itu pertanda error? Oh bukan.. hmm pokoknya abaikan saja lognya selama masih lancar koneknya. :D

Cara kedua, selain Bitvise, anda juga bisa pake sebuah program bernama Putty, caranya juga cukup gampang, jalankan saja putty-nya lalu isikan hostname dan port sesuai dg yg telah dibuat, lalu lihat pada bagian kiri.. klik tanda [+] disamping “SSH” lalu klik “Tunnels”, source port isiin dg 9050 atau terserah anda, dibawah “Destination” klik “Dynamic” dan “Auto” seperti berikut:

SSH tunel pake PUTTY

Selanjutnya klik “open” maka anda akan diminta mengisi login dan password-nya.

UPDATE  mengenai Putty: Setelah sekian lama usia postingan ini, seorg agan mengirim email ke saya kalo putty akan closed jika digunakan utk tunneling. Usut punya usut.. eh ternyata masuk akal juga.. Jika Anda menerapkan cara konfigurasi tunneling diatas maka jendela putty akan tertutup sedetik setelah berhasil konek. Why? Ini karena pada tutorial yg saya jabarkan diatas, tidak mengijinkan user utk konek ke server via SSH. Putty masih tetap bisa digunakan sebagai alat tunneling jika Anda adalah owner dari VPS tsb (sebagai root) atau sebagai user yg diberi hak login via SSH.

UPDATE BARU mengenai putty dari bro Arie: Putty TERNYATA bisa dipake utk tunneling meski user yg dibikin tidak punya hak akses login SSH. Caranya yaitu dengan mencentang “Don’s start a shell or command at all”. Seperti gambar dibawah ini:

ScreenHunter_141 Jul. 04 09.18

Next… Ketiga, ini khusus utk pengguna Linux, cukup buka terminal/console saja lalu jalankan perintah, misalnya:

ssh -N -D 9050 kodok@12.34.56.78 -p 80

Setelah selesai menyeting SSH tunnel dg Bitvise ataupun Putty atau via terminal bagi para Linuxers, skrg browser utk keperluan browsing perlu kita setting. Jika anda pake Mozilla Firefox, klik tombol Firefox –> Option –> Advance –> Network –> Settings. Lalu pilih yg Manual blablabla… isiin Socks host nya 127.0.0.1 dan port nya 9050 atau sesuai dg konfigurasi pada Bitvise/Putty sebelumnya.

Inget masbro/om/gan.. isiin 127.0.0.1 atau localhost (127.0.0.1 = localhost) dan port-nya sesuai dg setting di alur sebelumnya. Banyak yg nanya kenapa ga bisa konek meski bitvise statusnya udah connected… usut punya usut (lagi2 harus jd pengusut) ternyata salah pada bagian Firefox malah diisi ip server VPS dan port-nya.. ya jelas kagak akan konek (bijimane logikanyee ntuh? :P). Allright, Begini nih yg bener:

SSH tunnel pada Firefox

Oh satu lagi agak penting hampir kelupaan.. Untuk para pengguna IDM (Internet Download Manager)… kok ga bisa download? Jangan lupa, bahwa koneksi Anda skrg harus menggunakan jalur socks yg telah dibuat, maka pada IDM perlu diset agar konek ketika download via socks juga. Nah macam gini nih settingnya:

setting socks pada IDM

Yang dicentang yang Use socks, trus isiin tuh localhost atau 127.0.0.1 dan port-nya. Sekarang download pasti ngacirrrr, tapi ini tentu sangat tergantung dg koneksi asli yg Anda pakai ya, umpama cuma dapat sinyal EDGE ya download lagu mp3 sebiji bisa anda tinggal ronda kampung dulu.. :P misalnya seperti ini contoh speed download saya:

Ooopss malah pamer hehehe :P. OK, done!!! Jika tidak ada masalah dg server SSH tunnel anda ataupun pada konfigurasinya, maka sekarang Anda sudah bisa menyembunyikan ip address tiap kali online dan Anda sudah menikmati online Anonimity. Test saja dg Firefox tsb mengunjungi misalnya situs cmyip.com atau ip2location.com dan lihat pasti skrg ip server SSH anda yg terdetect sebagai  ip address koneksi Anda.

Cara lebih sederhana tanpa melakukan setting manual pada Firefox, Chrome ataupun IDM yaitu dengan menggunakan software Proxifier. Setelah konek ke server dengan Bitvise atau Putty, aktifkan Proxifier, tambahkan socksnya yaitu 127.0.0.1 dengan port yg sudah disetting lalu tinggal jalankan program yg ingin dijalankan, tanpa perlu setting manual mengisi 127.0.0.1 dan port-nya lagi. (Hmm.. tapi sepertinya yahoo messenger ga support dg Proxifier)

Lalu… apa sih sebenernya tunneling itu? Apa pula manfaatnya? Kalo akhir2 ini yg namanya SSH tunneling identik dg akses internet gratisan ehehehe maka sebenernya SSH tunnel berfungsi jg sbg internet anonymity alias melindungi data2 anda selama anda konek ke internet. Tunnel berarti terowongan jadi kurang lebih maksudnya bahwa data2 yg anda transmisikan via internet tidak dg begitu saja meninggalkan komputer anda secara polosan tapi melalui sebuah terowongan rahasia yg terenkripsi, sehingga para penyadap yg ada dijaringan atau kalo ga salah istilahnya sniffers hanya akan melihat data acak yg ga bisa dimengerti, bahkan ISP pun tidak bisa menyadap data2 atau log tsb. SSH tunneling adalah cara meningkatkan security ketika beraktifitas di dunia cyber, SSH tunneling bukanlah hal yg baru, usianya udah setua internet itu sendiri mungkin (ya lbh mudaan dikit lah).

SSH tunneling sangat dianjurkan jika Anda sering sekali menggunakan hotspot/wifi publik apalagi utk keperluan yg selalu berkaitan dg password misal email, facebook-an dg pacar sampai ke transaksi online semacam internet banking, beli pulsa online, belanja online, dan sejenisnya, karena bukan tidak mungkin diantara wifi gratis tsb ternyata ada AP (access point) palsu atau siluman yg dibuat oleh orang yg tidak bertanggung jawab utk mencuri data para pengguna.

Untuk pemilik server, jika ingin tau username yg konek dg esteh tsb bisa menggunakan perintah top, ya sederhana saja kan? perintah top digunakan utk melihat proses2 yg tengah berlangsung, dg mengetikkan top di terminal akan ketahuan pula user mana yg sdg konek dan disitu akan ketahuan yg bersangkutan sdg menjalankan command sshd. Something like this, lihat ada username kodok yg aktip sshd nya kan:

Lihat user yg konek ssh

Pengen matiin koneksi ssh si kodok tsb? Matiin aja prosesnya dg perintah kill -9 [pid] pada contoh di gambar diatas perintahnya akan berupa kill -9 15528. Nah sesegera sesudahnya si kodok akan diskonek dari server esteh hehehe :P

Pengen tahu jg user yg aktif tsb konek dari ip asli apa? Gampang.. ketik aja perintah “netstat -n” di jendela console, hasilnya akan didapat ip asli dari pengguna akun ssh tadi dan akan terlihat pula dia milih konek via port berapa (jika Anda membuat lbh dari 1 port).. Kalo Anda lihat ip dg prefix misal 112.* hehehe ini kemungkinan pengguna XL, atau bisa di copy ip-nya trus search isp-nya via paman google. Web yg sdg aktif dikunjungi jg bisa diketahui… tapi.. sudahlah, Anda sudah membagi akun tsb ke org jadi biarkan dia menikmatinya :D lbh baik Anda utak atik hal yg lain dari pada sekedar “mematai” user hihihihihihihii. Atau bisa juga cek user yg sedang aktif seperti cara disini.

Untuk melihat user2 yg udah kita buat beserta tanggal kadaluwarsanya, bisa menggunakan script cek user disini.

Sekian dan terima kasih. Semoga postingan iseng saya ini bermanfaat hehehe. Kalo ada yg salah mohon koreksinya ya maklum saya cuma pemula :P Oia kalo ada yg paham cara konfigurasi corkscrew seperti yg saya singgung diatas tolong kiranya saya diajarin. Hmm.. that’s all dulu deh kaya’nya hehe.

Yang lebih suka menggunakan Dropbear daripada OpenSSH, baca disini untuk cara instalasi dan cara konfigurasinya pada server anda.

Masih bingung/pusing? Mau saya settingkan? Klik disini!

Pengen buat akun SSH tunnel yg aktif 1 bulan?? Klik disini! Hehehehe

Ingin beli akun SSH premium murah? 6 Server (4 USA, 1 IIX & 1 SG) hanya 59 900/2 bulan, klik ngom.be/esteh

[ Dibaca 109663 kali ]

Keywords pencarian:
  • cara membuat akun ssh tunnel
  • acount tunneling 30 hari
  • cara mendapatkan hostname dan password putty
  • cara daftar akun ssh thunel
  • sshtunnel konek tapi tidak bisa buat browsing

Bagikan artikel ini ke teman agar banyak rejeki!

 

239 thoughts on “Cara Membuat SSH Tunneling Account Untuk Di-share (dibagi-bagi) + Cara Pakai Bitvise

  1. Gan itu opern port 80 ane ga kebuka..cara ngebukanya gimana ya?? kl cman nambah di sshd_config ga bisa..kudu nabah open port di iptables..tapi ane nyoba kuq ga bisa ya..commandnya seperti apa?? btw sekedar info ane pake VPS ubuntu 12..
    Ditunggu jawabannya :D

    • Nah kayak gini nih yg ane jg bingung :D. Di VPS ente ada web server ya? Semacam Apache gitu? Kalo ada webserver (VPS digunakan utk meng-host web) maka port 80 udah dipakai karena itu port default buat web server. Katanya sih masih bisa yaitu pake corkscrew, nantinya konek SSH bisa lewat si Apache (ga tau istilahnya apa :P). Tapi ane nyoba di VPS yg ada Apache-nya jg ga jalan hehe.

      VPS yg ane pake OS-nya Debian 6 (minimal install) gan, dalemannya ga ada apapun, ga ada web server, mysql, dsb.. cuma ada openssh doank, jadi di sshd_confignya ane tambahin port 80 langsung jalan.

      Tolong diupdate lagi gan biar bisa buat pembelajaran smua ehehehe :D

  2. masgan mau tanya
    klo tutor bikin vps tu gimana ya
    di kantor ada kompi nganggur tapi ubuntu bisa gak ya dibkin vps
    makasih

  3. mas bro ane pengen share ma masbro….biar dapet yang dijanjiin….tp ane ga tau ismail masbro…..lagian ane cuma otak atik doang….eh conek di bitvise….yang jadi masalah ane gatau….kaya gimana tandanya kalo bisa tembus tri….!!!gimana kalo kita diskusiin di ismail….!!!!!ismailnya dah ane lampirin di atas ya!!

  4. gan kloo mo lihat list group dan user yang telah kita buat caranya gimana yaa tolong email ke saya ya gannn… makasih sebelumnya gann

    • Nah… ane kagak tau gan, serius :D udah lama kagak pake tere jg. Kalo beneran bisa, coba cari tau porotnya.. ntar config di ssh akan ane edit dg porot tsb. Ntar boleh deh ane share kalo beneran sukses :D :P

      Salam.

  5. kaloo mw nanya port nya silahkan sama saya..
    saya punya triknya…
    lngsung saja kontak saya di 083119955220
    tp bagi” akun vpsnya

  6. tanya, gan..
    da cara bwt share internet hasil dr SSH [gretongan]?
    nie ane pingin share via LAN.
    mohon ptunjukny.. thanks b4.

    • Betul. Tapi masihkah bbrp situs terblokir DNS lokal kita yg menggunakan filtering? Percobaan saya sih, masih. Kecuali kalo akses dg squid proxy baru tembus filtering2 tsb.

  7. Gan, gimana cara biar akun yg kita buat aktif selama 1 bulan dan otomatis terdelete jika sudah habis masa aktifnya?

    • Belum tahu gan.. tapi kemungkinan 99% bisa. Bikin aja custom command trus ttg masa 1 bulannya serahkan ke crontab saja. Sbg gambaran, saya pernah bikin command yg (otomatis) dijalankan oleh crontab tiap hari sabtu yaitu meng-archive smua file web dan sql-nya kemudian di upload ke remote server.

  8. info yg sangat bermanfaat buat nubitol kayak ane
    jgn berhenti dsni gan postingnya ,, hehhee
    lanjutkan dengan postingan yg lain
    ditungg gan postingan selanjutnya

  9. mas gimana caranya lihat daftar user yg sudah dibuat..? kalu “top” kan lihat user yg sedang aktif”, ada FB nya gak mas mau tanya2 nih, terus jelaskan perintah -m itu artinya apa saat buat user

    • Saya blum tau.. hehe masih belajar :D tapi kalo ga salah.. parameter -m itu artinya directory user tsb dibikin jg (jika blum ada), dari sini bisa digunakan utk melihat user2 yg udah dibikin. Tengok aja ke dir /home/ disana pasti kliatan tiap user punya directory sendiri2. Misal /home/kodok dan seterusnya jika ada lbh dari satu user tsb.

      • makasih banyak mas Ari-f.com (keren bs dapet domain pendek). skrg ane udah sewa vps sndiri, bikin user2 sndiri, padahal ane ini nol banget soal linux consol. plgi SSH.. brkat mas arif, skrg bisa nambah2 uang jajan hehe…

        • Terima kasih kembali.. wuihh yang bener nih uang jajan nambah? Hehe saya tunggu traktirannya ya :D hehehehe. Anyway, good luck.. jgn lupa terus belajar. Cheers!!! :P

  10. master,
    ane mau tanya nieh,
    mau bagi2 akun ssh tpi masih bingung cara nya, soalnya pakek windows 7, bnyk aplikasi bgtuan yg gk suport di win7, bisa bantu ane gak ? thnks sebelumnya, :-)

    • bingung cara buat nya maksud ane, mau sewa vps tp masih gak tau cara nya biar bisa digunting2 jadi ssh, mohon bantuan nya ya master

      • Sebenernya ga ada yg bikin bingung. SSH itu ga perlu dibuat. Sewa aja linux VPS sudah otomatis 100% anda akan dapat akun SSH (sebagai root) karena hanya dg protokol ssh lah anda bisa mengelola server VPS tsb. Agar SSH bisa dibagi2 ke org lain… kan instruksi di postingan saya udah cukup jelas tuh :D

    • ga support di windows 7? itu fakta atau asumsi anda saja? Lha itu saya bikinnya mulai dari tahap awal di postingan tsb sampe akhir adalah pake windows 7 dan ga ada kendala tuh.. ini ssh-nya jg sdg saya pake dan ngetik reply ini jg pake windows 7. Jadi mana yg kagak support? Untuk mengelola akun ssh yg notabene itu adalah salah satu ‘fasilitias’ di sebuah linux VPS, yg anda butuhkan hanya satu tool kecil bernama PUTTY. Tidak dibutuhkan instalasi dan PUTTY support di semua varian OS windows. Tool2 yg ada selain itu kan hanya tool untuk menjalankan ssh tunneling. You got it?

  11. izin nyimak dulu mas bro ……menarik nich.
    walaupun gak ngerti cara nya dan istilah istilahnya …
    kalau gratis bisa hemat nich biaya internetnya …..

        • Buat apa aja boleh. Org skrg taunya tunneling cuma identik dg internet gratisan.
          Kalo internetnya jadi gratis ya monggo silahkan. Tapi fungsi tunneling yg utama bukan itu om. Silahkan googling dulu atau belajar linux server bentar.
          Cheers! :P

  12. mantapppppp
    ane jadi kepingin coba
    sewa vps singapore dari link lokal
    biar mudah pembayarannya
    makasih banyak ilmunya pak de

  13. aku sebenarnya gak terlalu ngerti yg ginian,,tapi sekarang aku lagi berlangganan ssh tunel 45ribuan sebulannya,,dan benar2 unlimited dech…pulsa gak kesedot,,,yang penting daerah kita udah 3g

      • oh iya makasih gan
        oh iya saya punya windows server 2012, mau tanya apa bisa ngeremote lewat bitvise atau putty? saya bingung instal Open SShnya tutornya ya gan :)

        • Yg dimaksud pgn instal kloxo dimana? Windows server tsb? Kagak bisa lahh. Kloxo cuma support server ber-OS linux yaitu CENTOS dan variannya. Ubuntu/Debian jg ga support.

          Kalo openssh server di windows install aja aja cygwin.
          note: Saya ga punya knowledge ttg Windows server. Yg saya posting disini hampir pasti ttg ngoprek server LINUX.

  14. bos mau nanya, misal klo bandwidth kita habis, kita masih bisa pake kah? bisa ga kalo kita bagi2 ke sodara ato temen, bandwidth per user dibagi? berarti orang yg jual SSH tuh ga unlimited ya?

    • Berdasar pengalaman saya sih, limit bandwidth VPS udah mentok tapi tetep aja masih jalan kok. Kalo masalah pembagian bandwith saya blum tau tapi tampaknya bisa. Dalam dunia per-VPS-an sebenernya ga ada yg bener2 unlimited bandwidth. Provider yg mengklaim bandwidth tanpa limit sebenernya “hanya” memberi sekitar (kalo ga salah inget) 200 Terabytes dan ini jauuuuh lebih dari cukup bahkan jika di pake gila2an :D

      Bandwidth tanpa batas (unlimited) itu kalo beneran ada harganya akan sangat mahaaaaal dan ga mungkin terjangkau kantong kita sebagai user rumahan :P

      Kira2 gitu.. tapi kalo ada yg salah mohon koreksinya ya.. Cheers!

        • Mgkn sekitar 10 org bisa deh, tapi relatif juga.. apakah user menggunakan tunneling utk browsing2 aja, atau gila2an download atau digunakan utk aplikasi2 lain selain browsing.

          • iya sih ya, kalo yg make gila download bisa tekor juga ya bandwidthnya… kan VPS itu ga boleh torrent ya rata2, antisipasinya kira2 gimana ya biar user ga download torrent? sebelumnya maaf ya gan kalo ane banyak tanya, ane baru blajar soalnya…

  15. oh iya makasih gan
    oh iya saya punya windows server 2012, mau tanya apa bisa ngeremote lewat bitvise atau putty? saya bingung instal Open SShnya tutornya ya gan :)

  16. hihi,, ada client ane comment di atas @Ovan..

    lagi ngapain van? lgi cari cari cara connect vps jg? sampe nyasar ke blognya si mimin,,

    yang mau langganan SSH tsel xl dan isat UNLIMITED monggo ditunggu http://shop.ryanbnz.net .. sorry min promosi,, sekedar membantu mengingat internet di indo masih tergolong ancur dengan koneksi yg auwt awutan

  17. mungkin saya bisa perjelas ..

    untuk pembuatan port yak ?

    jangan pake vps yg udah di intgrate sama web deh,, ribet urusannya

    mending yg masih perawan aja,,

    singkat padat jelas,,

    * login
    * vi /etc/ssh/sshd_config
    * Pencet insert
    * masukin portnya
    *escape
    * shift + :wq
    * service sshd restart
    * reboot

    simple sebenarnya,,,
    pasti yg ditanya.. gimana caranya buat inet gratis?
    hihi

    • Ga bisa mas, setahu saya lho. Tunneling kan intinya anda konek ke internet melalui server remote anda..

  18. gan kalo misalnya saya pengen sewa server dengan bandwit yg ukuran 200an Terabytes gmn prosedurenya. saya pgn buat server sendiri.. mohon penjelasannya :D

    • Itu mah gampang gan… siapin uangnya hehe.. trus liat aja di forum webhostingtalk tuh ntar ada penawaran vps cari aja yg bandwidth besar. Kurang tau jg berapa harga sewa dg bandwidth segitu skrg. Trus install OS nya yg minimal aja, Debian atau CentOS trus konfigurasi SSH-nya seperti contoh diatas :D

      Kalo dah jadi bagi2 ya gan :P

  19. mas admin kalu mau liat berapa jumlah user yang login di user yang di buat bgmna.
    misalnya saya buat user kodok, nah klu mau liat berapa orang yang login dengan user kodok tersebut bgmana.
    :)

    • Ya…. itu udah detail banget gan… Saya dah ketik banyak2 kan tuh hehehe, yg kurang jelas bagian apa? OS anda apa? Setidaknya tau dikit2 perintah dasar Linux akan sangat membantu memahami tutorial tsb. Salam

    • Tidak bisa kalo di share2 macam gitu (kesalahan umum persepsi). Yg ada ya tiap2 user konek sendiri2 ke ssh tunnel yg udah disediakan.

  20. gan ane mau beli vps nih

    kalo mau login sbg root

    pake windows 7 biasa bisa ga gan ? thanks

  21. halo admin,
    oh jadi ini caranya seller ssh bikin lapak?
    bisa minta email gak gan?
    atau situ deh email ane, ke data kan di statistic? :D
    mau tanya lebih lanjut ~

  22. gw gx nyasar ksni pke keyword ini
    “cara membuat ssh
    cara menggunakan Bitvise SSH Client
    cara membuat akun ssh
    cara menggunakan ssh tunnel
    cara buat akun ssh”

    tp pke keyword “cara sharing internet gretongan lewat wifi”

  23. pagi bro, sy baru beberapa hari langganan SSH trus kebetulan ketemu web ini saat cari cara sharing koneksi dari SSH tsb via wifi biar bisa dipake di android nya. Setelah baca dari atas, jadi pengen bikin server VPS sendiri. Ada yg mau sy tanyakan nih.
    – Untuk bikin VPS sendiri (biar bisa share SSH) apa perlu PC sendiri dg OS Debian (linux) / apa bisa di config dari Windows?
    Thx b 4

    • Sewa aja ke provider (penyedia jasa hosting), kalo pc sendiri dg OS linux itu nanti bukan lagi VPS. Untuk tunneling ya bisa saja ga ada masalah tapi ISP ga akan memperbolehkan anda membuka port tertentu misal 80 atau 109. Selain itu, apakah PC sendiri tsb akan reliable? Sebab saya asumsikan koneksi internetnya adalah koneksi rumahan misal speedy.

      Tentu saja dikonfigurasi dari Windows bisa, yg Anda butuhkan adalah sebuah tool bernama putty (udah disebut dan sering disinggung dalam komen2 diatas). Terima kasih.

  24. mau tanya gan…maaf klo pertanyaane mendasar banget..maklum nubie abis nih gan..kebetulan saya langganan vps bulanan buat kepentingan trading nih gan…apakah bisa saya setting untuk akses internet gratis juga..?yang harus saya lakukan apa aja nih gan..? thank’s sebelumnya..

    • Gan… SSH tunneling itu TIDAK sama dengan “internet gratis” ini salah persepsi yg umum terjadi. SSH tunneling itu sudah ada sejak awal mula internet dulu jauuuh sebelum adanya internet dg opsel. SSH tunneling itu aslinya utk membuat koneksi anda ke internet lebih secure. Lalu kenapa bisa jadi internet gratis? Ini sebenernya semata2 karena adanya bug di opsel, misal ketika konek via port tertentu opsel tidak menghitung billing atau pemakaian kuota internetnya. Gitu kira2 penjelasannya gan. :P

      VPS untuk trading atau apapun selama masih pake Linux bisa untuk tunneling.

  25. mas mimin mo tanya nih, saya kan emang udah pake vps buat tunneling yg slama ini dipake pribadi & skarang sy share sama temen2 buat internetan pake tunnel, tp sy jadi pusing lihat pemakaian kuota bandwidth temen saya, bisa nggak kalo dibatesin speednya per user, krn dari 3 temen yg pake hanya 1 yg gila-gilaan kalo donlot.
    salken dan makasih sebelumnya

    • bro somad…itu vps nya yg unmetered bandwidth ?
      terus maksudnya dibatesin tuh speed ato kuota bandwidthnya?

  26. gan,
    ane mau nanya nih !
    klo mau sewa vps tuhh kan bayarny dollar klo mau transaksi kira2 gmna ?
    1 lg gan, klo ad pin BB atau alamat FB yg bisa d invite mgkn lebih bagus biar bisa sharing2 nih,
    krna ane mau nyewa VPS nih, buat d rumah biar org2 d rmh bisa make smua.
    ntar ane bagi deh,
    mohon bantuannya, d tunggu yah gan balasannya.

    • Halo agan Diansyah,
      Sewa VPS kalo providernya dari luar ya biasanya bayar dg dollar. Proses pembayarannya tentu saja online bisa dengan credit card atau umumnya semua provider tsb menerima pembayaran via paypal. Kalo blum ada paypal ya ini agak ribet gan, Anda harus bikin akun paypal dulu trus di verifikasi dulu (dengan credit card atau kalo ga punya beli aja VCC untuk verifikasinya), selanjutnya Anda perlu isi balance secukupnya, banyak tuh yg jual balance paypal di Kaskus (tapi tetep hati2 awas penipuan).

      Email ke sini aja gan rep@ari-f.com, kebetulan saya bukan pengguna BB :P
      Ok, salam sukses!! :D

  27. jadi intinya setelah kita dapet akun vps tinggal di seting dari putty ya bagi yang ga punya linux..? jadi ga usah repot2 instal linux sendiri ya? kan servernya dari yang nyedia in layanan vps itu sendiri.. bener begitu kah?

  28. gw dah daftar di vps berbayar di : AzzaVps.com. $1.6
    username, passwrod dan ip udah gw dpt,,,
    tpi saat login sbg root dengan tool Putty (utk yg pake windows)
    gk bisa ……
    pertama ada tulisan login as : leb1xx_xx ,,, enter
    password : mr0Axxxxxx
    tpi gk bsa msuk kenapa ya,, ADMIN,,, Tolong,,,,,,,,,
    klo bisa tar gw kasih – 1 user dah,,,

  29. bro..mau nanya..klo hapus user tapi pake waktu gimana caranya?
    misal si user A dalam waktu sebulan dihapus otomatis.
    thnx mimin

  30. makasi tutorialnya gan sangat membantu, kalo user dimanage dengan WEBmin bisa ga? kan bisa kita atur rentang aktifasinya, n install putty di HP :) mohon pencerahannnya dengan penambahan WEBMIN

  31. agan ane pengen bljr bikin shh sendiri dgn cara beli VPS…
    ajarain dunx gan??? kirimin ane tutorialnya ya gan… thnks :D

  32. gan ismailin tutor kalau mau bikin akun SSH dengan VPS nyewa sendiri dari awal donk gan :)

    emailnya dah ane lampirin
    makasih gan :D

  33. kok aku gk iso2 yo mas??? jan streeesss ahh.. pie mas iki??? kei akun ssh ne wae mas.. seng port 443 utowo 8080.. yo??? hehehhe

  34. gan ini sya newbie….untuk server debianny
    ada recomend sewa di mna ya?
    sya mau pny server sndri bisa ajrin sya smpe abis?
    hehe
    add dong ymny

    • Cek lowendbox.com aja, cari disana banyak penawaran server murah. Kalo cuma utk tunneling ga perlu yg mahal2 :D

  35. gan ane bli vps/ssh yg berbayah ane pake browsing aja bisakan? trus configurasinya hraus pke OS terpisah y gan? tolong pencerahan

    • Ya tentu bisa. OS terpisah maksudnya apa?? Setiap Anda sewa VPS linux disitu sudah ada OS nya misal debian atau centos, ubuntu, fedora dsb silakan anda pilih mana yg anda cintai.

  36. gan mo nanya, pas mo beli vps diminta isi hostname, ns1, ns2, ama root password, fungsi hostname, ns1,sama ns2 tuh apa? contoh pengisiannya pls gan ^^

    • Halo gan indra13, hostname itu sekedar nama servernya jadi bisa anda isiian apa saja misal: “server”, atau kata/nama apapun ga akan masalah. Dg kata lain hostname itu adalah sbg identitas nama server tsb. NS1 dan NS2 itu digunakan untuk bikin prefix nameserver, ini baru diperlukan kalo anda mau pake VPS tsb utk meng-host website, umumnya jg hanya diisi dg “NS1″ dan “NS2″, jika hanya dipake untuk tunneling saja maka isian ini ga akan banyak pengaruh.

    • Ane kagak tahu gan kalo VPS nya windows :D
      Coba googling ttg winsshd kali2 itu yg anda butuhkan. Cheers!! :P

  37. bang mau nanya nihh .. ane kan pake win7 coba2 nyobain masukin port yg gratisan ntu tu k bitvise tp pas d konekin gagal ja, emang kalo pengen manual setting di bitvise gmana bang?. tolong pencerahannya bang … trus kira2 apa lagi yg d butuhin, punten (banten.id :D) kalo0 di luar konteks. btw ..blognya mantap !!!!!

    • Loh itu ga bisa asal masukin aja :P hehehe. Harus tau ip address server-nya, user, password trus portnya dan pastikan data tsb valid atau masih aktif.

    • Maksudnya? Webminnya? Ya itu harus diinstall, sama halnya dg Kloxo, cpanel, directadmin dst.. butuh proses instalasi.

  38. Gan, saya mau sewa server untuk di sewain sama org. Tp saya tidak begitu paham. Jika, agan berminat membantu hbgi ke email saya. ada cendol untuk agan.

  39. Gan, ane sudah jalankan tutorial ini..dan sukses konek pakai bitvise, namun gak bisa untuk gretongan. pesan di proxifier : : Could not connect through proxy 127.0.0.1:1082 – Proxy closed the connection unexpectedly., Apa yang kurang pada setting server ssh saya?

  40. Ha…ha..ha.
    Wah she Mimin… KOCAK abis.
    Yang kayak gini ni para pengunjung blog/web butuhkan, soalx banyak Owner web/blog yg hobinya cuman posting doank, tp Mimin yg satu ini bukan hanya postingannya aja dgn bahasa kocaknya yg muantab, tp responnya jg, asli muantab abis…

    Pengen nanya Min, soalx skrng ane langganan SSH:
    1. Please Don’t Multi Login. Memangnya berdampak seperti apa pada VPS??? soalx para Owner VPS melarang para clientnya u melakukan hal tsb!!!
    2. Untuk mengetahui Speed & Bandwidth dr VPS yg sedang kita gunakan berlangganan SSH caranya gi mna??? soalnya waktu langganan, ane cmn tertarik aja ama embel2 UNLIMITED dari si Owner VPS…
    3. Pada sebuah VPS misalnya ada 5 User, anggaplah Kodok, Sundul, Cendol, dst… Misal yg menggunakan si Kodok ada 4 kompie/lepie, apakah ini akan berpengaruh kepada user lainnya (maksudnya tdnyakan ada 5 user, cmn yg gunain si Kodok tuh ternyata ada 4 orang, berarti yg menggunakan VPS tersbut jadinya ada 8 orang) ataukah hanya akan berpengaruh terhadap Si Kodok dimana hanya user Kodok sajalah yg akan mengalami penurunan Speed???
    4. Untuk mengetahui berapa User yg telah dibuat/aktif pd sebuah VPS, caranya gi mna???

    Maaf banyak nanya Gan, soalnya account SSH ane udah hampir Kada Luarsa n tentunya pengen cri lg yg baru. Cmn sekarang jg banyak Owner VPS yg lagi rame2-nya buka lapak, tp hanya andalin embel2 “UNLIMITED”, so sbgai calon client harus pintar2 jg donk milih lapak yang mana!!!

    • Hello, makasih komengnya mas gan :D
      Oh jadi gini…
      1. Setiap user yg login utk tunneling itu memakan ram server, kalo dia browsing berpuluh2 situs + download + streaming tentu penggunaan ram akan besar. Kalo alokasi ram server abis maka tentu kinerja akan berat bisa2 diskonek2 gitu. Sementara login secara bersamaan itu secara teori ga masalah, ga akan ngaruh cuma ya itu tadi ram yg terpakai akan berlipat ganda. Ini sebenarnya alasan utk komersialisme aja gan.. paham kan? hihihi. Dg adanya user yg konek lebih dari satu dg satu username artinya seller kan mengalamai kerugian ga langsung… Ada 2 “client” misal tapi cuma dapat bayaran 1 kan? :P
      2. Speed dan bandwidth server yg tahu ya ownernya saja (root). Kalo speed, bisa diuji dengan wget di console misalnya dg download file dari situs thinkbroadband. Kalo user diberi hak akses masuk ssh di console ya bisa melakukan test ini, kalo ga ya cuma root saja (dan user yg di authorized). Test kecepatan yg Anda lakukan dari situs speedtest.net itu ga mencerminkan speed dari VPS tsb tapi lebih ke speed isp Anda, lah misal sinyal cuma EDGE ya tentu hasilnya ga bisa jadi patokan speed VPS tsb kan? :D Sementara bandwith itu alokasinya bisa diliat di panel VPS misal solusvm, ya ini yg bisa liat tentu ownernya. Setau saya ga ada yg unlimited gan :D kalo ada asli unlimited itu sangat mahal ga akan terjangkau kita2 user rumahan, mungkin corporate aja atau negara yg mampu beli hehehe. Ga ada provider VPS yg nyedian bandwidth unlimited gan, percayalah itu hanya bahasa iklan, yg ada unmetered artinya pemakaian bandwidth ga dihitung tapi tetep dia punya alokasi bukannya bener2 tanpa batas, kalo ga salah sih 200an TB (user normal yg rajin download jg ga akan abisin jatah ini kok). Saya bisa aja sewa vps dg bandwith 500 GB perbulan lalu saya setting dan jual akun tunnelnya dg label unlimited, nobody knows kan? :P
      3. Nah ini kira2 hampir sama dengan point 1 diatas.
      4. Yg bisa cek si root saja atau user yg diauthorized, kalo settingnya ngikut postingan blog saya maka liat usernya gampang, cek aja dibawah direktori /home/ tiap username akan punya direktori masing2 disana. Tapi ada juga seller yg ga buatin dir utk usernya (karena emang ga akan dipake juga) maka bisa diliat di file /etc/passwd tinggal amati atau perhatikan disitu ada username2 yg dibuat.

      OK gan.. Terima kasih :D

  41. Permisi mau tanya , jadi kalo misal saya mau beli VPS , terus cara pakainya harus pake OS Linux Debian atau Centos gitu ??

    Kalo OS windows ga bisa yah ??

    • Cara pakainya? Cara pakainya ya pake OS apa aja bisa, windows juga bisa. Yg Anda maksud pakai apanya nih?? Kalau maksudnya VPS itu mau dipakai jadi ssh tunneling ya VPS tsb pake Linux.

  42. Gan, pemakaian tunnel SSH saat inikan kebanyakan pakek Injekan, Misal kalo gak pakek injek Tool waktu menggunakan akun SSH tsb gimana? Apakah kita masih bisa Internetan tanpa menggurangi pulsa Operator (XL/TELKOMSEL/dll) atau malah pulsa-y akan tesedot karena tidak menggunakan injek Tool tsb tapi masih bisa browsing?

  43. gan ane abis instal dropber setelah itu ane login ssh waktu authentication passwd berulang kali minta paswd,,

    di log nya muncul ginian

    “authentication failed. remaining authentication methods ‘publickey,password’.” mohon solusinya gan :v

    • Dropber itu apa??? Dropbear gan hehe
      Itu artinya salah password. Anda yakin anda pegang user+password yg valid? :v

  44. Sungguh ilmu yg bermanfaat buat yg lagi mau belajar seperti saya.. :D
    Cukup lengkap isinya…
    Tapi ada 1 pertanyaan lagi yg masih mengganjal..
    Akun VPS kan kadang dipatok Bandwith misalnya 250GB.
    Terus kalo saya pengen buat 5 user (untuk SSH) dengan masing-masing punya bandwith 50GB, kira-kira bisa gak ya?
    Kalo bisa, gimana caranya?

    • Sepertinya bisa. Saya bilang sepertinya karena saya belum mempraktekan hal tsb.
      Mungkin ini nanti kaitannya dg traffic control. Cheers! :D

      • Jiah…kirain udah uji coba.. :D
        kalo udah dicoba, tolong diupdate lg post-nya ya..biar bacanya lebih enak..jadinya nyambung sama yg di atas..hehe :D

        Oh ya, ada 1 lagi nih…cara mengontrol supaya user tidak menggunakan SSH untuk torrent gimana ya?
        Dan cara melihat siapa saja user yg menggunakan SSH untuk torrent gimana?
        Soalnya kan sebagai penjual SSH, kita bisa dirugikan karena server suspend. Dan user yg tidak menggunakan torrent juga bisa dirugikan.

        • Sebenernya gini: SSH untuk torrent yg dilarang itu adalah torrent yg prosesnya ada di dalam server. Misal anda sewa vps nah anda pake untuk leeching/seeding torrent ini bisa kena suspend karena berat2in server dan tentu masalah DMCA. Secara teori kalo user SSH tunnel menjalankan aplikasi torrent ya ini ga bisa diblok.

          Kalau anda menyewakan SSH tunnel dan salah satu customer anda menjalankan aktifitas torrent, pihak penyedia VPS TIDAK akan pernah tahu akan hal ini. Suspend dalam kasus ini HANYA karena masalah bandwidth yg (mungkin) habis.

  45. om bisa bantu ga ajarin saya cara daftar vps sekaligus bikin akun buat temen” nanti ada komisi ini. konfir ke email ya om

  46. om pusing banget dah ga bisa” ajarin lah om cara detail’y. bisakan buatin artikel yang jelas jangan pake kata” yang ribet lah om khusus buat saya. pake tutorial’y jg om. komisi adalah. les ke email ya om

  47. Pak dhe . . :D
    Ane mau tanya,
    sekarang kan banyak penyedia layanan VPS gratis, kira2 VPS seperti ini aman gak kalau buat tunneling ? .
    . .
    .thank’s be4 . . . .

    • jawabannya: Ya dan tidak mbah :P
      Logikanya sederhana saja.. Di internet apakah ada hal yg bener2 aman? Ga ada yg bisa jamin apapun kan… :D
      Nah tapi yg patut jadi pertimbangan adalah gratisnya itu, knp gratis? Adakah agenda tersembunyi? Anda semualah yg menjawabnya. :D

      • O0o… jdi gitu…
        trus kalo menurut ente, VPN sama VPS kira” mana yang lebih aman ???
        …..Trima kasih sebelumnya…….

        • Loh??? VPN dan VPS itu beda hal mas, ga bisa dibandingin. VPN kan private network. Gunanya utk enkripsi koneksi internet. Kalo VPS itu server. tahu kan server? Server dalam keadaan kosong mlompong dan bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan.

  48. misi gan saya mau tanya agak bingung
    1. apakah ketika pake vps kita harus pake linux?apa windows 7 gk bisa?
    2. terus apa vps itu ada softwarenya yg nama nya putty?
    3. apakah hanya kartu xl n telkomsel yg bisa?
    kl bisa saya gan balesan nya saya tunggu, terima kasih

    • 1. Sewa VPS: LINUX
      2. Putty adalah software untuk mengelola VPS linux dari PC/Laptop Windows
      3. SSH tunneling bisa kartu apa saja dan internet apa saja asal bisa konek
      Makasih.
      Oh kalo masih bingung, kemari aja mas bro: http://goo.gl/6FVsZS

  49. Makasih atas informasinya gan.. :D
    Berkat tutorial diatas saya sudah bisa buat server SSH sendiri… Padahal pengetahuan saya tentang linux bisa dibilang cuma 5%… hahaha pertama kali liat terminal debian langsung puyeng..

    Btw OOT dikit, ada solusi gak gan tentang SSH yang gak bisa login, sangkutnya di server string. Lokasi sumut pake kartu luna sih.. :D
    Cluenya saja juga yo wes lah..

  50. Makasih gak atas petunjuknya, dari lowendbox.com aku dapat VPS murah, $3 kuota 3 Tb. Sekarang aku share buat kalangan sendiri, mungkin suatu saat bisa buat kebaikan bersama.

  51. Klo bisa Update lagi gan, tentang memanfaatkan VPS buat hal-hal lain.
    Misalkan buat server sms melalui jaringan internet, dan buat server-server lain.

  52. mantab ama agan ini, vps akhirnya bisa saya gunakan, gk ragu ama agan ini benar” di percaya transfer sore malem vps nya dah jadin dikirim, respon nya juga cepat sabar n pengertian gw nya aja yg cerewet kayak ibu” tp agan dengan sabar memberitahu saya, sukses selalu buat agan.

  53. om… ane udah lakuin tutorial diatas dan works.. :)

    cuma ane mau tanya.. kenapa speed downloadnya sama aja klo ane pake kartu ya.. padahal udah ane cek di firefox ya emang pake ip VPS ane tp utk download ttp kayak spt ISP yg ane pake gan..

    apa memang SSH kayak tutorial diatas gak bisa ningkatin speed download ya

  54. mas sy minat neh,,tp sy kurang ngerti pake nya,,bisa kirim tutorial caranya ga? terus sekalian persyaratan detilnya mas…tolong email ya mas

  55. gan,mau tanya nih,udh tahap akhir. tpi kok ga bsa diakses client,pdhl udh ngikutin langkah2nya. vps udh,masukin port udh,bkin user udah,tapi pas si client mau konekin tetep ga bsa mas. pas di top jg kaga nongol si client nya,tapi user yg tadi dimasukin ada di listnya. tolong donk mas.

    • OS nya apa? Debian? CentOS? Apakah SSH sudah direstart? Sudahkah portnya aktif? Cek dulu dengan lsof -i TCP:xxx (xxx diganti angka port) kalo ga nongol apa2 ya artinya port tsb ga jalan. Kalo ada output artinya dari segi aplikasi sudah benar. Cek iptables.. Bisa jadi port yg dibuat diblok oleh iptables. Coba kirim ip dan root password ke rep@ari-f.com jika solusi belum ketemu.

    • IKUTI LANGKAH BERIKUT:
      1. Sewa sebuah Linux VPS
      2. Konek ke VPS dari PC/laptp secara remote dg Putty
      3. Pelajari perintah2 dasar dalam Linux
      4. Ikuti tutorial diatas
      5. Jika pusing berlanjut klik http://goo.gl/6FVsZS
      6. Jika sudah mahir boleh jualan akun SSH
      7. Kumpulin profitnya untuk modal pacaran

  56. mas mau tanya nih. Masih seputar linux, di tutor hanya dijelaskan untuk setting socks di firefox, lalu bagaimana kalau mau dipakai secara global dalam artian biasa untuk apt-get update dan sebagainya. Makasih

    • Pakai Linux ya? Ada kok itu mas, tapi saya lupa settingannya dimana. Tapi ga susah juga dicari. Nanti socks tsb dipake secara global.

  57. Mas aku mencoba create ini :
    useradd -e 2013-12-27 -d /home/kodok -m -g gretongan -s /bin/false kodok
    waktu login bitvise kok di mintain passwd lagi ya? dan passwd yang dimasukan salah terus.
    Apakah ini tidak cucok untuk dropbear ? yang buat dropbear yang seperti apa ?
    Pakai centos.

    • Cucok. Yg perlu anda lakukan adalah membaca mantra:
      echo "/bin/false" >> /etc/shells

      Silahkan cari postingan saya yg lain, udah ada cara setting dropbear di blog ini.

  58. kalo cara ngatasin ini gimana? minta pass terus kalo pake bitvise :
    authentication failed. remaining authentication methods:’publickey,password’

    • authentication failed < ---- Sudah menjelaskan. Artinya password tidak cocok dengan yg semestinya. Atau, jika password cocok tetapi masih diminta password maka jalankan command berikut ini: echo "/bin/false" >> /etc/shells

  59. Makasih gan petunjuknya… jd tambah lg nech pengetahuan ane tntng ssh and tunneling… jujur mslh ane byk terpecahkan ketika liat komen n reply agan… semoga ilmu yg agan berikan mendapat blsn sribu barokah… amin … amin…. (nb gan… jgn berhenti mpe disini share ilmunya… keep spirit… ane jd followers bro ari aje…)

  60. Oiya bro ari… tlng dksh rekom situs penyedia lyanan yg bro ari pake skr…. kbtln saya jg lg nyari2 yg pas buat saya… mksh sesudahnya bro….

    • Utk sewa VPSnya? Saya pake ramnode.com, digitalocean.com, ipxcore.com, oneasiahost.com dan vpsdime.com. Semuanya bagus dan masih saya pake sampe sekarang, jika ga punya CC atau paypal maka bisa sewa dari provider dalam negeri misal e-padi.com, idroot.com atau drupadi.com :D

  61. Waaah lengkap bgt… mksh boz…. semoga jaya selalu… amin…. amiiin…. & semoga klien ssh nya tmbh byk… amiiiin….

  62. Om mimin, apa OS PC harus wajib linux???
    apa Kl OS Windows kagak bisa min???
    mohon jawabannya y mimin….. :)

  63. nemu juga nih,
    tapi syang nya gw super Newbi nih,begituan mumet ndase,
    pertanya’an : bhan2 di atas apa aje tuh Bos kurang paham ane?

    • Tidak perlu mumet karena tidak sesulit yg dibayangkan.
      1. Sewa VPS (kalo ga paham, googling saja “Sewa VPS murah”)
      2. Login ke VPS tsb dg Putty (ga paham putty, googling saja “download Putty”)
      3. Baca dan pahami tutorial diatas.
      4. Jika sukses, selamat! Anda akan tambah ganteng :D

  64. mastah, ane udah create grup dan bdiisikan user sesuai yang agan tutorialkan, tetapi kenapa pas login di bivise masih diminta passwrd? padahal password yang dimasukkan benar dan sesuai.. kira2 salahnya dimana ya? thanks

  65. oh ya mas,klo misalnya koneksi internet si isp nya sering RTO (byk RTO nya) apa pengaruh sama koneksi tunneling nya? maaf pertanyaan nubie,..

  66. Mas bisa gak totorialnya dibuat vidio aja! malah pusing aq bacanya, maklum masih awam bngt buat ssh!aq pengen bngt bisa, selama ini aq minta sama temen terus acont ssh tiap ada orang yang daftar (jd sales maksudnya)

    • Lebih dari satu gimana maksudnya? Berbagai macam host gitu? Setingnya sama saja.. sewa saja banyak vps yg lain dan disetting juga.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *